Monday, August 08, 2011

Revitalisasi Infrastruktur E-Government 2011

Tujuan Kegiatan
Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan revitalisasi sistem pemantauan di Network Operation Center Serpong. Sehingga status seluruh sub sistem yang berada di bawah sistem dan jaringan komputer dapat diketahui secara real time dan online. Diagnose kegagalan sistem akan bisa dilakukan lebih cepat dan dapat dilakukan secara jarak jauh.

Metodologi
Selama ini sistem pemantauan jaringan komputer (network monitoring system = NMS) masih dilakukan sekedarnya saja, sehingga kadang kala telat mengetahui adanya kegagalan sistem. Sistem pemantauan jaringan komputer juga tidak terkumpul menjadi dalam satu tempat atau ruang, padahal obyek yang dipantau beragam. Dengan menyatukan seluruh sistem pemantauan jaringan komputer yang ada, proses pemantauan menjadi lebih mudah dan lebih sedikit membutuhkan SDM. Obyek yang akan dipantau adalah lalu lintas jaringan di seluruh gedung/satker, bandwidth lokal, bandwidth internasional, status server, status perangkat aktif jaringan, bandwidth pengguna, situs-situs yang dikunjungi pengguna, top 100 users, IP Phone, dan CCTV.

Jika keseluruhan sistem ini ditempatkan dalam satu tempat, hanya dibutuhkan seorang SDM. Bahkan bila perlu cukup dibantu oleh siswa PKL. Karena sistem ini tidak membutuhkan ketrampilan yang ekstra (unskill user). Yang diutamakan adalah kejelian dalam melihat alarm di layar monitor. Bila petugas jaga melihat alarm, ia dapat langsung menghubungi administrator terkait untuk ditindaklanjuti dan dilakukan perbaikan. Petugas jaga tidak perlu melakukan tindakan perbaikan apapun.

Mengingat sistem pemantauan ini memantau berbagai obyek, akan dibutuhkan setidaknya 8 unit LCD monitor 19 inch atau beberapa unit LCD monitor layar lebar (misal 50 inch). Selain alarm dapat dilihat di layar monitor, alarm perlu dicetak untuk bukti laporan kejadian.

Lingkup dan Rencana Kegiatan
1. Melakukan survey perangkat sistem pemantauan jaringan komputer yang terintegrasi (Triwulan I = 10%, bulan Maret)
2. Pengadaan peralatan dan bahan (Triwulan 2 = 5%, bulan April)
3. Instalasi sistem pemantauan jaringan komputer (Triwulan II = 45%, bulan Juni)
4. Monitoring dan evalausi unjuk kerja (setiap triwulan dengan target 10% per triwulan)

Belanja modal :
1. Komputer Desktop HP Pavilion P6521L sebanyak 3 unit
2. Notebook APPLE MacBook Air sebanyak 1 unit
3. Notebook TOSHIBA Satellite M645-1018X - Black sebanyak 1 unit
4. TV LED SHARP AQUOS Quattron LC-46LE820M, 46” sebanyak 1 unit
5. LCD Projector INFOCUS IN105 sebanyak 1 unit
6. Printer HP LaserJet P2035N sebanyak 1 unit
7. Wireless Outdoor RB433 (3 bh AP ABG) (WO433-A3) sebanyak 1 unit
8. Wireless Indoor RB411AH (1 bh AP ABG) (WI411AH-A1) sebanyak 1 unit
9. EnGenius EOC-2611P 600mW, Antenna Omni Hyperlink 15 dBi sebanyak 1 unit

Pengajuan pengadaan barang modal sudah diajukan sejak 21 Maret 201, namun tidak di-respon dengan segera dengan alasan melanggar batas pagu per unit barang. Pengajuan kembali dilakukan pada 29 Mei 2011. Setelah melalui proses lelang, tampaknya barang baru bisa didapat paling lambat 15 Agustus 2011.

Yang belum dibelanjakan
1. Bahan jaringan komputer senilai 20jt
2. Bahan komputer supplies senilai 17jt
3. Penambahan nilai sebesar 21jt
4. Bahan rapat senilai 8,32jt

No comments:

Post a Comment