Thursday, April 26, 2012

Rencana Litbang 2013 Yang Tidak Terakomodasi

Ada beberapa kebutuhan pengembangan infrastruktur yang tidak terakomodasi pada Rencana DIPA Tahun 2013. Seharusnya hal ini bisa terakomodasi jika saja alokasi untuk revitalisasi tidak dicoret.

  1. Perangkat utama sistem komputer : Blade Enclosure dan Blade Server untuk keperluan Mirror server-server; NAS atau SAN (Storage Attached Network)
  2. Perangkat jaringan komputer yang dipakai secara luas, seperti Managable Switch, Wireless Access Point, Router utama/kawasan, WAN Optimizer
  3. Perangkat pendukung bagi Ruang NOC (Network Operation Center), Ruang DC (Data Center) dan Ruang DRC (Disaster Recovery Center), seperti UPS, Battery Pack, AC Standing.
  4. Sistem keamanan fisik bagi Ruang NOC (Network Operation Center), Ruang DC (Data Center) dan Ruang DRC (Disaster Recovery Center), seperti Door Access Control, CCTV, DVR (Digital Video Recorder), Smoke Detector, APAR khusus, Remote Thermometer
  5. Sistem keamanan informasi, seperti ProxySG, IPS, IDS, Firewall Management. ProxySG untuk mem-blok malware, spyware, virus dan ancaman lainnya. IPS = Intrution Protection System. IDS = Intrution Detection System. Firewall Management untuk memastikan rulebase di semua firewall terkendali dan tercatat.
  6. Video Call berbasis IP Phone dan IP PBX
  7. Tele conference antar kawasan
  8. Co-location yang permanen dan bisa penunjukan langsung. Untuk itu harga kontrak per tahun di bawah 100 jt.
  9. Multi Mail Server berbasis Zimbra Colaboration Server
  10. Video Streaming Server
Sulit membuat skala prioritas perangkat-perangkat di atas, soalnya penting semua.

No comments:

Post a Comment