Tuesday, April 24, 2012

Tim Pengembangan Website Tahun 2012

Bahwa dalam rangka mengembangkan website instansi pemerintah khususnya website lembaga agar website dan konten informasi dapat ter-update dan terpelihara, maka perlu dibentuk Tim Pengembang Website Lembaga Tahun 2012.

Personalia Tim Pengembangan Website Tahun 2012:
  1. Muh. Sirojul Munir (PPIN)
  2. Suratman (PPIN)
  3. Intan Savitri (PPIN)
  4. Ghofir (PPIN)
  5. MM. kasih Widyastuti (PPIN)
  6. A. Rachman Sofian (PPIN)
  7. Andri Sungkono (PPIN)
  8. Heru Santoso (BKHH)
  9. BI. Wahyudi (PDIN)
  10. Suryantoro (PTLR)
  11. Paulus Supandi (PATIR)
  12. Eka Jatmika Nugraha (PTKMR)
  13. Arie Widowati (PTNBR)
Tugas Tim
  1. Mengkoordinasikan pelaksanaan semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan website di lingkungan lembaga
  2. Melakukan penggantian halaman muka website lembaga
  3. Melakukan re-design fitur layanan publik di website lembaga
  4. Melaksanakan pengembangan fitur website lembaga sesuai kebutuhan pengguna
  5. Melakukan pengkayaan isi dan fungsi website lembaga
  6. Memberikan dukungan tekbis dalam pengelolaan website unit kerja
  7. Melakukan monitoring dan evaluasi website lembaga dan website unit kerja secara berkala

Notulen Rapat pada 24 April 2012

Peserta :
  1. Muh. Sirojul Munir (PPIN)
  2. Suratman (PPIN)
  3. Intan Savitri (PPIN)
  4. Ghofir (PPIN)
  5. MM. kasih Widyastuti (PPIN)
  6. A. Rachman Sofian (PPIN)
  7. Andri Sungkono (PPIN)
  8. Heru Santoso (BKHH)
  9. BI. Wahyudi (PDIN)
  10. Irwan Santoso (PTLR)
  11. Paulus Supandi (PATIR)
  12. Eka Jatmika Nugraha (PTKMR)
  13. Arie Widowati (PTNBR)
  14. Mistini (PRSG)
  15. Uni Heryani (PSJMN)
  16. Maya Yulaida (PSJMN)
Agenda : 
  1. Evaluasi Situs Web Lembaga (http://www.batan.go.id)
  2. Evaluasi Situs Web Layanan Publik Lembaga (http://www.batan.go.id/silaba)
  3. Evaluasi Situs Web Reformasi Birokrasi (http://www.batan.go.id/rb)
Evaluasi Situs Web Lembaga
  1. Perlu ditambahkan Perka terkait Sistem Manajemen di BATAN (http://www.batan.go.id/prod_hukum/perka.php)
  2. Formulir permintaan informasi dalam halaman KIP perlu disederhanakan (http://www.batan.go.id/kip/registrasi.php)
  3. Menu yang sudah registrasi dan yang belum registrasi di halaman KIP (http://www.batan.go.id/kip/registrasi.php) perlu dipisah agar tidak membingungkan dan terkesan menyulitkan publik. Akan dibuatkan menu tersendiri setara dengan menu-menu lainnya, seperti menu Informasi Publik, Rekapitulasi, Registrasi, Regulasi. Nama menu tersebut adalah menu login.
  4. Daftar pemohon atau permohonan informasi dalam KIP bisa dilihat dengan mudah oleh BKHH (http://www.batan.go.id/kip/rekapitulasi.php)
  5. Header perlu diubah menjadi semacam animasi flash
  6. Jika bandwidth kecil, logo yang ada di pojok kanan atas tampil tidak sempurna. Ukuran image logo perlu diperkecil.
  7. Evaluasi bulanan website lembaga sudah dilakukan oleh Eselon I. Hasil akumulasi evaluasi ini kemudian dijadikan dasar penilaian award pada saat ulang tahun lembaga.
  8. Alamat web satker PTBIN berbeda dengan satker-satker lain. 
  9. Satker yang masih sedikit memberi kontribusi berita antara lain PATIR, PTKMR, PTBN, PSJMN. PTKMR sudah dibuatkan akun untuk webcoma guna memudahkan memasukkan berita ke dalam database.
  10. Hasil monev yang dilakukan oleh Sdr. Ghofir pada 2 April 2012 bisa digunakan untuk melengkapi hasil evaluasi ini. 
Evaluasi Situs Web Layanan Publik Lembaga
  1. Perlu ditambahkan 14 kriteria Indeks Kepuasan Masyarakat sesuai dengan KEPUTUSAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA NOMOR: KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang PEDOMAN UMUM PENYUSUNAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT UNIT PELAYANAN INSTANSI PEMERINTAH
  2. Pada menu Sertifikasi, setelah memilih jenis ujian dan periodenya, data di WCM tidak tampil. List Siswa bisa diganti menjadi List Pemohon. Perlu ditambahkan list hasil ujian, meskipun hanya tertulis lulus dan tidak lulus. Menu List Hasil Ujian ini dapat disetarakan dengan menu Status. Tampaknya status bisa dibagi 2, status pendaftaran dan status hasil ujian.
  3. Pembuatan halaman Layanan Iradiadi di PRSG diperlukan 5 (lima) data, yaitu Jadwal Layanan, Alur Proses Layanan, Persyaratan, Formulir Permintaan Layanan dan Formulir Laporan Hasil Layanan. Data ini akan segera disiapkan oleh PRSG.
  4. Pada saat yang sama (24/4) dilakukan launching layanan limbah PTLR di PTNBR Bandung. Namun tampaknya alamat situs belum dapat diinformasikan ke PPIN.
  5. Layanan di PTKMR bersama dengan layanan di PTLR diikutkan dalam Kompetisi Layanan Publik Open Government Indonesia (OGI) yang diselenggarakan oleh UKP4. Kompetisi akan dinilai sepanjang April hingga Agustus 2012.
  6. Layanan di PATIR, pendaftaran tetap dilakukan secara online. Hanya masalah pengiriman yang perlu diatur kembali. 
  7. Dalam halaman PNBP, sebaiknya dicantumkan satker terkait dan alamat email pengelolanya.
  8. Meskipun PTKMR dan PTLR mengembangkan sendiri aplikasi layanan publiknya, namun untuk menu jadwal layanan, alur proses layanan, persyaratan, dan status hasil layanan bisa tetap ditayangkan di halaman Silaba.
Evaluasi Situs Web Reformasi Birokrasi
  1. Menunya terlalu banyak, perlu dibuat lebih sederhana. Menu saat ini ada 8, yaitu Home, Visi & Misi, Kebijakan, Repositori, Target, Pokja, Road Map, Monev. Menu yang belum terisi secara sempurna ada 4, yaitu Repositori (baru 2 file), Pokja, Road Map, dan Monev. Halaman Monev berupa grafik Bar dan grafik Radar sudah disiapkan, tinggal informasi terakhir tentang skor capaian RB per area perubahan.
  2. Grafik Radar perlu dicantumkan "Data per 26 Oktober 2011"
  3. Grafik Bar di halaman http://www.batan.go.id/rb/monev-rb.php untuk sementara bisa diisi dengan hasil verfikasi lapangan 26 Oktober 2011 dari pada kosong, sambil menunggu hasil monev sesungguhnya. Yang melampui nilai 70 bisa diberi warna hijau, dan yang belum mencapai bisa diberi warna merah.
  4. Pasokan informasi untuk pengkayaan web RB masih kurang. Sampai saat ini yang bisa dijadikan dasar pengisian web RB adalah Dokumen Roadmap Reformasi Birokrasi BATAN Rev. 2.1 (Oktober 2011). 
  5. Sumber informasi untuk pengkayaan web RB belum jelas. Jika sudah jelas, akan sangat memudahkan memintanya.
  6. Ijin untuk disampaikan ke Ka BKHH tentang alamat situs web ini sebagai bahan rapat RB pada 25 April 2012.
  7. Sebaiknya ada menu Aktifitas, namun jika menu ini ada, sumber informasinya belum dapat diketahui. Idealnya, setiap kegiatan RB, apakah itu rapat, koordinasi dengan lembaga lain, capaian signifikan terkait RB, bisa dikemas menjadi sebuah tulisan populer dan kemudian ditayangkan untuk mengisi menu Aktifitas. 
  8. Foto-foto kegiatan juga bisa didokumentasikan dan ditayangkan pada web RB.

1 comment: