Tuesday, February 14, 2012

Notulen Rapat Ke 2 Layanan Online

Hasil rapat layanan online ke 2 pada Selasa, 14 Peb 2012 di PPIN Serpong.

Peserta :
  1. Pak Karsono (Ka PPIN)
  2. MSM (PPIN)
  3. Pak Suratman (PPIN)
  4. Pak Ghofir (PPIN)
  5. Pak Suryantoro (PTLR)
  6. Mas Eka Djatnika (PTKMR)
  7. Pak Supandi (PATIR)
  8. Bu Uni (PSJMN)
  9. Mbak Maya (PSJMN)

Agenda Rapat :
  1. Verifikasi disain layanan online di http://www.batan.go.id/silaba/
  2. Memastikan layanan dari PATIR yang akan menjadi quick win BATAN

Dalam verifikasi disain ini, hal yang ditinjau adalah :
  1. Pendahuluan (halaman Home pada situs setiap layanan)
  2. Diagram alir versi pengguna (bukan versi SOP)
  3. Tarif
  4. Formulir Pendaftaran Online
  5. Tabel Status Layanan

Verifikasi disain dilakukan terhadap situs layanannya :
  1. PTLR
  2. PTKMR
  3. PSJMN

Hasil verifikasi disain aplikasi layanan untuk PTLR :
  1. Alamat situs layanan : http://www.batan.go.id/silaba/?l=limbah
  2. Pada Pendahuluan, cukup satu layanan saja yang ditampilkan, yaitu "Pengelolaan Limbah Radioaktif". Layanan lainnya, seperti Dekontaminasi s/d Analisis Data Limbah atau Sample, bisa dihapus
  3. PTLR akan membuatkan diagram alir yang lebih sederhana ketimbang yang ada di halaman http://www.batan.go.id/silaba/?l=limbah&s=prosedur_limbah
  4. Tarif cukup mengacu kepada PNBP BATAN di halaman http://www.batan.go.id/organisasi/pnbp.php
  5. PTLR akan mengubah bentuk Formulir Pendaftaran Online. Akan ada 2 bentuk form, yaitu untuk limbah sumber bekas dan limbah material terkontaminasi.
  6. Tabel status layanan perlu ditambahi kolom : Tgl Kirim, Tgl Selesai. Status bisa diisi secara manual dengan kata-kata, misalnya sudah bayar, sedang proses, menunggu berita acara, dll. (Usulan saya : Sebaiknya pihak PTLR bisa menentukan jenis status yang akan digunakan, agar bisa dibuatkan pull down menunya. Dengan pull down menu, operator tinggal memilih status yang sesuai).

Hasil verifikasi disain aplikasi layanan untuk PTKMR :
  1. Alamat situs layanan : http://www.batan.go.id/ptkmr/labptkmr/index.html
  2. Halaman pendahuluan pada dasarnya sudah OK. Perlu ditambahkan informasi bahwa pendaftaran tidak bisa dilakukan secara online. Pelanggan harus datang ke PTKMR pada jam dan hari kerja.
  3. Diagram alir akan segera disederhanakan sehingga mudah difahami masyarakat pengguna
  4. Dasar tarif perlu disesuaikan dengan PP 29/2011. Yang tertayang berdasarkan PP 77/2008.
  5. Pendaftaran online tidak bisa dilakukan. Kebijakan PTKMR adalah bahwa pendaftaran harus dilakukan secara langsung. Pengguna datang ke kantor PTKMR pada jam dan hari kerja. Informasi ini akan ditambahkan pada halaman pendahuluan.
  6. Saat ini tabel status layanan atau hasil layanan tidak bisa diketahui oleh publik, kecuali oleh ybs melalui ID-nya. Namun untuk mendukung transparansi layanan, hasil layanan ini dapat ditampilkan dengan cukup menampilkan 4 (empat) kolom saja, yaitu No. Kontrak, Tgl Masuk, Status, dan Tgl Selesai. Karena alasan tertentu maka informasi nama perusahaan tidak perlu ditampilkan.

Hasil verifikasi disain aplikasi layanan untuk PSJMN :
  1. Alamat situs layanan : http://www.batan.go.id/silaba/?l=psjmn
  2. Halaman pendahuluan sudah OK
  3. Diagram alir sudah OK
  4. Tarif cukup mengacu kepada PNBP BATAN di halaman http://www.batan.go.id/organisasi/pnbp.php
  5. Pendaftaran online perlu ditambah kolom : No. SIB, Tgl Ujian, Tempat/Tgl Lahir. Dalam form pendaftaran online perlu ditambahkan informasi bahwa ybs harus datang 3 hari sebelum ujian untuk melakukan verifikasi berkas persyaratan.
  6. Tabel status layanan perlu dibuat dan menayangkan informasi tentang : No. Ujian, Hasil Ujian. Hasil ujian bisa diisi : Lulus Seluruhnya, Mengulang Sebagian, dll. PSJMN akan memberikan contoh pengumuman hasil ujian. Nantinya tabel status layanan ini sebagai ganti dari pengumuman.

PATIR masih dalam taraf Disain dan Perencanaan. Dari pertemuan ini dikemukanan bahwa layanan yang akan dijadikan quick win adalah "Layanan Analisis Pestisida". Layanan ini ada dalam PP 29/2011, romawi VII (Jasa Penyiapan Sampel dan Analisis), huruf E (Analisis Komposisi), nomor 31 (Pestisida). Analisis Pestisida dibagi lagi menjadi 2, yaitu Residu (Kelompok) dan Formulasi bahan aktif.

PATIR akan menyediakan dokumen terkait dengan Layanan Analisis Pestisida ini, seperti diagram alir, form pendaftaran, contoh laporan, SOP, dll.

Usulan lainnya :
  1. Pada halaman situs layanan ditambahkan flash yang berisi foto-foto terkait dengan layanan yang diberikan
  2. Ada informasi Customer Service yang bisa dihubungi. (Tanggapan saya : akan ditampilkan no. telpon PPIN/Bidang SJK. Dengan dukungan informasi dari satker terkait)

Terkait dengan hasil rapat ini, perlu disesuaikan :
  1. Nama-nama sub menu untuk menu Layanan Publik di situs web BATAN. Perlu ditambahkan layanan di PTKMR dan PATIR
  2. Nama-nama menu di situs web silaba. Perlu ditambahkan layanan di PTKMR, PATIR, dan PUSDIKLAT. Untuk PTKMR dan PUSDIKLAT cukup dengan menambahkan link saja. Namun nama yang singkat dan jelas (bila perlu satu kata), belum ditemukan.

Demikian notulen ini dibuat, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan dasar revisi aplikasi. Rapat selanjutnya akan diadakan pada Selasa, 28 Peb 2012.

No comments:

Post a Comment